Gorden merupakan sebuah hiasan yang sekaligus bisa menjadi pelindung ruangan dari cahaya maupun penglihatan dari luar ruangan. Jika anda mempunyai banyak ruangan dirumah anda dan mempunyai banyak gorden, anda bisa mencoba tips membersihkan gorden dibawah ini.

Banyak orang memang sudah terbiasa dengan aktifitas yang sibuk, dan bahkan sampai melupakan kebersihan gorden yang ada di jendelanya.

baca juga artikel tentang cuci gorden pekanbaru

Kenapa Harus Selalu Menjaga Kebersihan Gorden ?

Ada beberapa hal yang memang menjadi faktor kenapa anda harus selalu menjaga kebersihan gorden. Yang paling jelas tentunya gorden bersentuhan langsung dengan udara luar, apalagi ketika siang jendela dibuka dan angin dari luar ruangan masuk.

Angin yang masuk tentunya membawa berbagai kotoran, terutama debu. Debu yang kian hari kian menumpuk jika gorden anda tidak dibersihkan maka bisa semakin buluk dan bau apek. Ini juga kesanya anda jadi kurang menjaga kebersihan rumah anda.

Gorden dengan berbagai motif yang begitu mahal, memang bisa menjadi hiasan, namun kebersihan terkait kesehatan dan tidak ada hubungannya dengan gorden mahal atau murah sekalipun, karena disini terkait dengan fungsi utamanya.

Membersihkan gorden juga kadang biasanya cuma di kibaskan saja atau pun dijemur, namun tips membersihkan gorden yang sebenarnya anda bisa menggunakan cara seperti mencuci ataupun memakai penebah debu untuk membersihkanya.

baca juga: cuci sofa Pekanbaru

Tips Membersihkan Gorden Paling Mudah

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dirumah secara mandiri untuk selalu menjaga kebersihan gorden anda. Misalnya :

  1. Mencuci Gorden

Tips membersihkan gorden yang pertama tentu mengacu pada gordenya langsung dengan cara mencucinya. Mencuci gorden dengan menyikat dan menggunakan bahan pembersih serta pewangi agar bisa menghilangkan bau apek dan berbagai debu maupun kotoran yang menempel.

Alangkah baiknya gorden sebelum di cuci di rendam dulu, supaya kotoran yang banyak dan menempel di dalam gorden bisa larut dulu ke dalam air. Barulah esoknya dicuci.

Ketika mencuci jangan gosok dan sikat terlalu keras, karena memang bahan gorden ini biasanya sangat sensitif dan tipis, sehingga perlu hati – hati dalam mencucinya. Bilsa dengan air sampai bersih.

Dalam pencucian anda juga harus memperhatikan detergen yang anda pakai, misalnya anda menggunakan detergen kasar. Ini sangat tidak cocok dengan bahan gorden yang biasanya halus dan mudah pudar jika menggunakan detergen yang salah.

Sebaiknya anda menggunakan detergen dengan bahan yang halus. Anda bisa saja mengetesnya dengan mudah detergen apa yang cocok dengan gorden di rumah anda. Anda bisa mencoba larutkan jenis detergen ke dalam air dan celupkan sedikit gorden anda.

Jika warnnaya berubah maka bisa disimpulkan detergen anda tidak cocok dengan kain gorden dirumah anda.

Sebaiknya anda ganti dengan detergen yang mempunyai tekstur lembut dan halus.

  1. Membuka Jendela

Setiap pogi usahakan anda membuka jendela anda, agar gorden anda juga bisa terkena angin dari luar rumah anda. Ketika ada gorden agak sedikit basah sekalipun, gorden bisa cepat kering jika di angin – angin kan.

  1. Membersihkan Debu

Jika gorden ada banyak debunya, maka setiap hari debu yang menempel bisa banyak dan menumpuk menjadi gumpalan dan kadang bisa juga menjadi tempat dan rumah serangga kecil. Jika anda mendapati hal ini, anda bisa melakukan tips membersihkan gorden dengan penebah debu yang bisa anda kibaskan di gorden anda secara rutin setiap hari.

Pin It on Pinterest

Share This
Open chat